Drone UAV Pemadam Kebakaran Hutan Otomatis

By indra 05 Jun 2024, 08:02:53 WIB Opini
Drone UAV Pemadam Kebakaran Hutan Otomatis

Proses pemadaman yang sangat sulit dilakukan mengingat luas hutan di Indonesia dan kontur geografis yang sebagian besar merupakan daera pegunungan merupakan salah satu hambatan dalam proses pemadaman kebakaran hutan. Sehingga menyusahkan para pemadam baik yang menggunakan semprotan air jarak dekat ataupun pesawat pemadam. Sampai saat ini, alat pemadam kebakaran di Indonesia relatif berteknologi rendah, seperti truk, tangga, dan selang. Oleh karena itu diperlukan teknologi yang dapat mendeteksi kebakaran sehingga bisa dengan cepat dipadamkan dan tidak meluas. Kondisi hutan Indonesia saat ini dapat dikatakan tersaji cukup apik sepanjang 2019. Beragam kasus, problematika, dan peristiwa telah terjadi mulaidari kontroversi ekspansi sawit di kawasan hutan yang kian masif, perhutanan sosial, pasar karbon, kemudian hal yang paling mengelus dada tidak lain adalah kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla), serta banyak permasalahan lainnya. Namun pada tahun 2019 tercatat banyaknya bencana kebakaran hutan yang menimpa Indonesia. Proses pemadaman yang sangat sulit dilakukan mengingat luas hutan di Indonesia dan kontur geografis yang sebagian besar merupakan daera pegunungan merupakan salah satu hambatan dalam proses pemadaman kebakaran hutan. Sehingga menyusahkan para pemadam baik yang menggunakan semprotan air jarak dekat ataupun pesawat pemadam. Pemadam kebakaran umumnya memiliki tiga tujuan - melindungi dan menyelamatkan jiwa, memadamkan api, dan melindungi / menyelamatkan sifat fisik. Sampai saat ini, alat pemadam kebakaran di Indonesia relatif berteknologi rendah - truk, tangga, dan selang. Oleh karena itu diperlukan teknologi yang dapat mendeteksi kebakaran hutan dini, sehingga bisa dengan cepat dipadamkan dan tidak meluas.


Penggunaan Robot Drone UAV

Baca Lainnya :

Penggunaan robot drone dan menara sensor yang dapat mendeteksi apai dalam jarak tertentu merupakan salah satu metode yang tepat untuk memecahkan masalah kebakaran hutan di Indonesia. Pemadam kebakaran di Indonesia belum ada yang menggunakan drone, tetapi diluar negeri seperti Amerika, banyak departemen pemadam kebakaran sudah menggunakan drone seperti Model DJI Zenmuse XT dan Z30, serta Matrice 210 dan Inspire 1 v2.0 adalah semua model populer dengan pemadam kebakaran untuk melakukan proses pemadaman yang cepat hingga ke titk yang sulit dan berbahaya untuk dijangkau manusia. Ditambah dengan menara sensor yangdapat mendeteksi api dan mampu untuk membedakan panas api dan panas mahluk hidup. Sehingga robot drone dapat dengan mudah mendeteksi titik api. Dengan tidak menggunakan manusia dalam proses pemadamannya, serta menara sensor yang dapat membedakan antara panas api dan panas mahluk hidup dapat dengan mudah menghentikan kebakaran hutan dengan mengirim drone yang dibekali alat pemadam kebakaran dan memedamakan api sebelum api membesar. Pengertian dan cara kerjanya adalah sebagai berikut :



  1. Drone

Drone (Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau kendaraan udara tanpa awak adalah salah satu teknologi yang sedang mengalami perkembangan yang pesat dan memiliki potensi yang sangat besar, baik untuk keperluan militer maupun kepentingan sipil. Contoh aplikasi yang dapat diimplementasikan pada UAV adalah untuk kebutuhan survey, patroli, deteksi tambang mineral, riset, fotografi, dan keperluan lain. Kelebihan dari UAV adalah dapat digunakan pada misi-misi berbahaya tanpa membahayakan pilot / manusia. Drone UAV untuk pemadam kebakaran hutan memiliki peran penting dalam mendeteksi, memantau, dan memadamkan api. Berikut adalah cara kerja dan fungsi utama dari drone UAV dalam pemadam kebakaran hutan: 1) deteksi dini, 2) pemantauan area, 3) pengiriman material pemadam. Drone yang dilengkapi dengan tangki kecil berisi air atau bahan kimia pemadam kebakaran untuk menjatuhkan secara langsung di titik api. eberapa drone mampu menjatuhkan kapsul atau bola pemadam kebakaran yang berisi bahan kimia yang dapat memadamkan api. Selain itu, drone dapat mengarahkan tim pemadam kebakaran di darat ke lokasi kebakaran dengan aman dan efisien. Selain itu dapat membantu menentukan zona evakuasi yang aman bagi penduduk dan tim. Proses operasional drone UAV meliputi beberapa tahapan. Selama seluruh proses, operator memantau drone, memastikan misi berjalan dengan lancar.


  1. Quadcopter

Quadcopter pada drone UAV dalam pemadam kebakaran hutan beroperasi dengan empat rotor yang memberikan stabilitas dan manuver yang presisi. Dilengkapi dengan kamera termal dan HD, serta sensor untuk mendeteksi panas dan gas, quadcopter ini melakukan pemetaan dan pemantauan area kebakaran secara real-time. Mereka dapat membawa tangki air atau kapsul pemadam yang dijatuhkan langsung ke titik api. Menggunakan GPS untuk navigasi, drone ini mengirimkan data ke pusat komando untuk analisis dan koordinasi dengan tim pemadam di darat, memungkinkan respons cepat dan aman terhadap kebakaran hutan. Quadcopter merupakan pesawat tanpa awak yang memiliki empat buah motor dan balingbaling di tiap ujung- ujung kerangka utama. Bagian tengah digunakan untuk peletakkan, sistem kontrol, sensor dari quadcopter, dan sumber daya (baterai). 


  1. Sensor Pendeteksi Api

Sensor Pendeteksi Api pada drone UAV dalam pemadam kebakaran hutan menggunakan kamera termal dan sensor inframerah untuk mendeteksi panas yang dihasilkan oleh api, bahkan melalui asap tebal atau dalam kondisi malam hari. Kamera termal menangkap perbedaan suhu di area yang dipantau, mengidentifikasi hotspot yang menunjukkan keberadaan api. Sensor ini mengirimkan data secara real-time ke pusat komando, memungkinkan pemantauan dan analisis langsung untuk menentukan lokasi dan intensitas kebakaran. Dengan data ini, drone dapat diarahkan secara tepat untuk melakukan penanggulangan kebakaran atau membantu tim pemadam kebakaran di darat.


  1. Arduino Nano 

Adruino adalah papan elektronik bersifat open source. Didalamnya terdapat komponen utama, yaitu chip mikrokontroler Atmega328 dari jenis AVR dari perusahan Atmel. Mikrokontroler tersebut dapat diprogram menggunakan komputer sehingga dapan menerima input, memproses, dan memberikan output yang diinginkan. Arduino Nano pada drone UAV dalam pemadam kebakaran hutan bertindak sebagai otak kontrol yang mengelola berbagai sensor dan aktuator. Arduino Nano mengumpulkan data dari sensor seperti kamera termal, sensor gas, dan GPS, kemudian memproses informasi ini untuk navigasi, deteksi kebakaran, dan pemantauan lingkungan. Arduino Nano mengirimkan perintah ke motor dan kontrol penerbangan untuk manuver drone, serta mengendalikan mekanisme seperti pelepasan bahan pemadam. Komunikasi dengan pusat komando diatur untuk memberikan data real-time dan menerima instruksi, memastikan operasi drone yang efektif dalam memadamkan kebakaran hutan.


  1. Navigasi

Navigasi pada drone UAV dalam pemadam kebakaran hutan menggunakan kombinasi GPS, kompas digital, dan sensor inersial untuk menentukan posisi dan jalur penerbangan. GPS memberikan koordinat geografis untuk rute dan lokasi tujuan, sementara kompas digital memastikan drone mengarah ke arah yang benar.


Dalam operasi nyata, drone UAV ini diterbangkan di atas area yang terkena kebakaran untuk mengidentifikasi titik-titik panas, memberikan data real-time kepada pusat komando, dan membantu tim darat dalam merencanakan strategi pemadaman. Mereka juga dapat menjatuhkan bahan pemadam langsung ke titik api, mengurangi risiko bagi petugas pemadam kebakaran manusia.


Drone UAV untuk pemadam kebakaran hutan berfungsi melalui deteksi, pemantauan, dan penanggulangan api yang efektif. Menggunakan kamera termal dan sensor lainnya, drone mendeteksi panas dan memetakan area kebakaran secara real-time. Penggunaan drone UAV untuk pemadam kebakaran hutan semakin populer karena kemampuannya untuk mengakses area yang sulit dijangkau, memberikan informasi real-time, dan mengurangi risiko bagi pemadam kebakaran manusia. Teknologi ini terus berkembang dengan integrasi AI dan perangkat keras yang lebih canggih untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penanggulangan kebakaran hutan.





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment