Pemkot Mojokerto Sabet Juara 1 Festival Kurikulum Merdeka 2024

By Yudi 20 Mei 2024, 20:38:34 WIB Pendidikan
Pemkot Mojokerto Sabet Juara 1 Festival Kurikulum Merdeka 2024

Keterangan Gambar : Plt. Kadikbud Ruby Hartoyo menerima penghargaan dari Pj. Wali Kota M. Ali Kuncoro


Mojokerto, harianjatim.net

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 tahun 2024 ini menjadi tonggak bersejarah bagi Kota Mojokerto. Dalam momen kebangkitan meraih kemerdekaan RI tanggal 20 Mei 2024, Pemkot Mojokerto menerima penghargaan sebagai pemerintah daerah dengan adoption rate & pemanfaatan platform merdeka mengajar (PMM) tinggi dari Kemendikbud Ristek RI. 

Dalam Festival Kurikulum Merdeka 2024 tersebut, Pemkot Mojokerto dinobatkan sebagai pemenang 1 tingkat Jatim. Selanjutnya, penghargaan yang diterima Pj Wali Kota M. Ali Kuncoro di Sidoarjo sehari sebelumnya dari Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan (BBPMP) diserahkan kepada Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Mojokerto, Ruby Hartoyo, S. Sos MM. 

Transfer penghargaan dilakukan dalam upacara Harkitnas di Halaman Balai Kota Mojokerto, Senin (20/5). Dalam kesempatan yang sama, Pj Wali Kota juga menyerahkan sejumlah penghargaan lainnya. 

Seperti, penghargaan sekolah adiwiyata mandiri 2023 diserahkan kepada SD Katolik Wijana Sejati, dan sekolah Adiwiyata Nasional 2023 diserahkan kepada SMAS PGRI 1 Kota Mojokerto.

Kemudian penghargaan program iklim Kota Mojokerto tahun 2023, kategori utama diserahkan kepada RW 01 Kelurahan Gedongan, RW 02 Kelurahan Gedongan, RW 03 Kelurahan Gedongan, dan untuk Kategori Madya diserahkan kepada  RW 04 Kelurahan Gedongan. Dan juara poster ajakan partisipasi pemilu 2024 dan juara video ajakan partisipasi pemilu 2024.

"Alhamdulillah, penghargaan ini suatu motivasi yang melecut jiwa dan semangat kami untuk bekerja lebih semangat dalam memberikan sesuatu yang terbaik bagi dunia pendidikan di Kota Mojokerto, " Cetus Plt. Kepala Dikbud Kota Mojokerto, Ruby Hartoyo. 

Ruby yang juga menjabat sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan juga mengapresiasi semangat para pendidik di Kota ini. "Penghargaan ini menunjukkan dedikasi para guru TK, SD hingga SMP kita yang punya kualitas hingga aksi nyata. Tentu kami berjuang mempertahankan penghargaan tersebut sebagai dedikasi dan konsern kami terhadap dunia pendidikan, " Tandasnya. 

Atas penghargaan ini, Pemkot Mojokerto dianggap memenuhi semua platform merdeka mengajar yang dituangkan Kemendikbud Ristek. Mulai dari perencanaan pembelajaran, metode pembelajaran, penyelesaian topik dan aksi nyata. 

Sementara itu, dalam sambutannya Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro selaku Inspektur Upacara membacakan pidato sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi.

“Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan,” tutur Ali Kuncoro. 

Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini bangsa Indonesia menghadapi beragam tantangan dan peluang baru, kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru.

“Kemajuan telah terpampang di depan mata, momen ini mesti kita tangkap agar kita lenggang menuju mimpi sebagai bangsa. Tidak mungkin lagi bagi kita berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu,” imbuhnya. (Yu) 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment