Remaja Jawa Timur Pamerkan Kemampuan Berbahasa Korea di Kompetisi Bergengsi

By indra 17 Mei 2024, 21:16:12 WIB Pendidikan
Remaja Jawa Timur Pamerkan Kemampuan Berbahasa Korea di Kompetisi Bergengsi

Surabaya, harianjatim.net - Siswa siswi dari berbagai SMA/Sederajat Indonesia memamerkan kemampuan  berbahasa Korea melalui “Kompetisi Berbicara Bahasa Korea Bagi Siswa/i  SMA/Sederajat dengan Progam Bahasa Korea di Wilayah Jawa Timur” yang  digelar oleh Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia bersama  dengan Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) dan King Sejong Institute (KSI)  Surabaya.  

Berbeda dari kompetisi berbicara bahasa Korea yang pernah digelar KCCI  sebelumnya, kompetisi kali ini secara khusus menargetkan peserta dari kalangan  remaja SMA atau sederajat di wilayah Jawa Timur. Hal ini mengingat semakin  banyak sekolah menengah atas di Jawa Timur yang mengadopsi bahasa Korea,  baik sebagai mata pelajaran tetap atau ekstrakurikuler. 

Babak semifinal sebelumya telah sukses digelar secara luring pada 3 Mei 2024  dan diikuti oleh dua puluh peserta terbaik yang telah lolos seleksi. Mengusung  tema “Makanan Indonesia yang ingin saya perkenalkan kepada teman Korea  saya”, babak semifinal meloloskan sepuluh peserta terbaik dari tujuh sekolah  berbeda untuk maju ke babak final.  

Baca Lainnya :

“Hal yang ingin saya pelajari apabila mendapatkan kesempatan belajar di  Korea”dipilih menjadi tema pada babak final yang digelar dua minggu  setelahnya, yaitu pada 17 Mei 2024 secara luring di Universitas Kristen Petra, 

Surabaya. Setiap babak dinilai oleh juri-juri yang kompeten di bidangnya,  seperti pengajar bahasa Korea dari King Sejong Institute, pengajar program  studi Korea dari beberapa universitas di Indonesia, dan lain-lain. Beberapa juri  pun menyampaikan kekaguman mereka terhadap kemampuan berbahasa Korea  para peserta yang rata-rata berusia 15 hingga 18 tahun tersebut. 

Berbicara tentang kekagumannya pada perkembangan pendidikan di Korea serta  cita-citanya untuk mempelajari bioteknologi di Korea, Marvella Rosabelle Antolis  perwakilan dari SMA VITA Surabaya berhasil mendapatkan posisi juara pertama.  Selanjutnya diikuti oleh Dwi Pujiani, perwakilan dari SMAN 1 Pagak Malang  sebagai juara kedua. Dwi mengaku ingin memperdalam akting di Korea karena  dirinya memiliki cita-cita menjadi Aktris di masa depan. 

SMA VITA Surabaya tempat juara Marvella menempuh pendidikan pun dihadiahi  satu unit Smart TV oleh Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik  Indonesia dengan harapan alat elektronik tersebut dapat membantu  memaksimalkan proses belajar dan mengajar bahasa Korea di sekolah. 

Dengan digelarnya kompetisi ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan  diri para peserta dalam berbahasa Korea, serta dapat menjadi kesempatan bagi  lebih banyak remaja di Indonesia untuk menjadi lebih tertarik dengan  pembelajaran bahasa Korea. “Dengan terus mengembangkan kemampuan  bahasa Korea yang sudah ada, diharapkan dapat memberikan manfaat besar  bagi para peserta di masa depan” disampaikan oleh Kim Dong Hyeon, Atase  Pendidikan Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia. 





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment