Sambut Idul Adha, Pemeriksaan Kesehatan Hewan Ternak di Kediri Ditingkatkan

By nad 04 Jun 2024, 19:37:36 WIB Daerah
Sambut Idul Adha, Pemeriksaan Kesehatan Hewan Ternak di Kediri Ditingkatkan

Keterangan Gambar : Petugas saat melakukan pemeriksaan kesehatan pada sapi (nad)


Kediri, harianjatim.net - Untuk memastikan hewan ternak baik itu sapi dan kambing dalam kondisi terbaik untuk menjadi hewan kurban, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri meningkatkan pemeriksaan hewan ternak. 

Pemeriksaan dilakukan selain di pasar hewan, juga para peternak baik skala besar dan kecil di Kabupaten Kediri. 

Plt Kepala DKPP Kabupaten Kediri drh Tutik Purwaningsih mengingatkan kepada para penjual dan pemilik ternak untuk tetap mewaspadai penyakit hewan ternak seperti PMK dan LSD.

Baca Lainnya :

"Kita betul-betul mengawasi lalu lintas ternak seperti apa. Kami juga sosialisasikan ke pedagang, untuk terus mewaspadai adanya beberapa kasus penyakit hewan.  Karena ini penting sekali, jangan sampai begitu pas nanti hari raya berlangsung ada kasus. Kita masih ada kurang lebih 2 minggu, ini betul-betul kita lakukan pengawasan," tuturnya, Rabu  (04/06/2024). 

Dari pemeriksaan hewan ternak di sejumlah tempat , Tutik mengungkapkan tidak ditemukan adanya indikasi penyakit menular. Pada sapi hanya terlihat beberapa sapi mengalami lecet-lecet.

Luka tersebut bisa terjadi karena kebersihan kandang dan hal lainnya, seperti pernah tertular penyakit LSD. 

"Terkadang kebersihannya kurang. Peternak melihat ada kotoran menempel dan kemudian ditarik sehingga menimbulkan luka. Tadi sudah diobati, dan para peternak diminta untuk melakukan gusanex. Minimal ada perlakuan perawatan," tambahnya. 

Selain pemeriksaan intensif pada peternakan dan juga pusat jual beli hewan ternak, DKPP Kabupaten Kediri menghimbau untuk tetap menjaga manajemen pemeliharaan hewan ternak, mulai dari mencukupi pakan, menjaga kebersihan kandang serta menjaga lalu lintas orang yang akan masuk kandang. 

Hal tersebut untuk menjaga kesehatan dan kesempurnaan hewan ternak yang akan menjadi hewan kurban. 

"Kemudian tentunya suplemen vitamin memang sebaiknya satu bulan lah sebelumnya harus diberikan. Termasuk juga obat cacing. Kalau yang belum vaksin, segera minta vaksin," jelasnya.






    




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment