Tekan Anak Putus Sekolah, Disdik Kediri Siapkan Strategi Berikut

By nad 10 Jun 2024, 08:28:48 WIB Pendidikan
Tekan Anak Putus Sekolah, Disdik Kediri Siapkan Strategi Berikut

 


Kediri, harianjatim.net - Problematika putus sekolah menjadi salah satu perhatian di Kabupaten Kediri.  

Baca Lainnya :

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Mokhamat Muhsin mengungkapkan pada masa pemerintahan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Kabupaten Kediri terus berupaya menekan angka putus sekolah.  

Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri sendiri telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menekan angka anak putus sekolah. 

Salah satu langkah yang diantaranya adalah melalui program kesetaraan inovatif. Melalui program tersebut, anak-anak putus sekolah yang masuk dapat memilih program kesetaraan sesuai dengan hobinya, sesuai apa yang disenangi di komunitas mereka. "Jadi menjadi komunitas belajar," jelasnya, (20/06/2024).

Selain itu pemerintah Kabupaten Kediri juga telah menyiapkan beragam beasiswa. Mulai dari untuk pelajar kurang mampu, pelajar berprestasi dan beasiswa khusus mahasiswa untuk pelatihan.

"Mas Bupati sudah menyampaikan berkali-kali, tidak boleh ada anak di Kabupaten Kediri yang tidak melanjutkan sekolah, karena biaya. Karena itu beasiswa ini bervariasi," tambahnya. 

Pada tahun 2023 terdapat kurang lebih 5385 anak putus sekolah di Kabupaten Kediri. Beragam alasan muncul sebagai penyebab anak putus sekolah, salah satunya terkait ekonomi. 

Namun seiring berjalannya waktu, sebagian diantaranya telah kembali menempuh pendidikan, baik pada lembaga-lembaga pendidikan formal maupun non-formal. 

"Ini menjadi komitmen Mas Bupati. Di tahun ini masih ada sisa sekitar 3.600 an. Di 2024 kita akan lakukan secara masif agar anak-anak putus sekolah ini bisa masuk kembali satuan pendidikan," pungkasnya.


    




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment